Kamis, 16 Januari 2014

Menikmati Tahun Baru di Atas Kembang Api


Ini pengalaman pertama gw mendaki gunung,awalnya sih udh pingin dan di ajak waktu 17 agustus...tapi hari itu masih di suasana lebaran dan masih banyak kluarga gw yang main kerumah.
waktu tahun baru gw kira waktu yg pas buat muncak karena pasti indah banget nikmatin kembang api dari atas gunung merbabu dan sekaligus upaya ngelupain kenangan sang mantan sih..hehe
gw ma temen" 2 minggu sebelumnya udh siap2 siapa yg mau ikut km persiapin..awalnya ada 7 orang tp nyusut jadi 3 orang..hehe yaitu gw, iman setiadi anak mapala STAIN salatiga dan edi purnomo anak IAIN solo...sebelum berangkat banyak halangan menguji iman kami karena pagi itu hujan, temen km yg bimbang lah dan yg paling gw sebel yaitu isu hari rabo terahir yg katanya akan ada bencana...
tp gw tetep yakinin temen gw untuk muncak pada hari itu...
lalu km jam 4 berangkat dr salatiga menuju kopeng..dan masuk ke jalur pendakian thekelan...
kabut sangat lebat dan rasa dingin menusuk tubuh...lalu kami menitipkan montor kami dan melakukan regristrasi di situ..murah kok cuma 6 rb per orang, jam 4:50 pm kami memulai melakukan pendakian...suasana perkebunan menghiasi perjalanan kami awal itu..semakin lama berjalan berubah menjadi perbukitan dan hutan setelah hampir 30 memit berjalan gw baru nyadar kalau kunci motor gw gak ada...asemb tenan ok...gw inget inget ternyata ketinggalan di montor...mau ngambil udh jauh..."ah biarlah...paling juga di urusin yg jaga parkir"hehehe...gw sih emang pelupa ok..haha
km terus klanjutin perjalanan dan sampai juga d pos pertama di situ km beristirahat ngisi air karena disitu tempat pengisian terahir...
dan pastinya wudhu..walaupun blm waktu mahrib..hehe lalu km lanjutkan perjalanan dan sampailah d pos ke 2 jam 6 tepat..kami pun solat d situ dan beristirahat sampai ishak kita lanjutkan lagi..kita disitu jg ketemu 3 orang 1cewk dan 2 bapak2 yg lagi beristirahat..kami pun d berikan segelas kopi untuk menghangatkan tubuh...
jam 7:15 pm km lanjutkan perjalanan meninggalkan teman2 kita td..2 jam kami menaiki kelicinan tanah merbabu dengan sorotan senter yg kami pegang..tp tak km duga km malah d susul oleh bapak2 tadi...walaupun udh 40'n tahun tapi staminanya masih luar biasa...maklum deh...anak gunung ok..hahaha...
9:40 pm hujan datang..km memutuskan untuk berhenti bersama 3 orang td...km d buatkan tempat untuk beristirahat di kalenan...biar tidak tersapu angin karena angin juga datang sangat besar...
sekitar 90 menit km disitu..setelah hujan dan angin reda km melanjutkan perjalanan..tetapi medan malah semakin sulit...semakin licin dan kemiringan yang semakin besar..tp kami tetap bertekat tanpa kenal lelah...perlahan2 km melangkah dan mendaki untuk melewati mlm pergantian tahun d atas merbabu..
akhirnya jam 11:40 pm km sampai d puncak watu tulis atau yg disebut tower karena terdapat pemancar tua di situ..walaupun belum puncak yg paling tinggi tp disitu sudah banyak orang yg berkemah dan berkumpul...akhirnya jam 12:00...tiba...
ribuan kilauan cahaya dibahaw sana seakan saling bersaing menciptakan keindahan untuk memulai tahun yg baru..cahaya kembang api yg indah sangat waktu di lihat dari atas seakan membuat kita lupa dengan waha dingin yang sampai membuat tangan mati rasa...sekitar 30 menit km dan puluan pendaki lain..menikmati keindahan itu dan ada juga dr km yg membawa kembang api lalu d nyalakan d situ..sungguh keindahan mlm yg sangat luar biasa dan takkan pernah terlupakan...
kamipun memutuskan untuk bermalam disitu..tp km tidak membawa tenda ya...terpak sa km tidur d sela-sela bebatuan agar gak kena tiupan angin yang gede banget waktu itu..sambil beralaskan tanah dan berselimut mantol karena gerimis waktu itu..kami mencoba untuk tidur...tp.apa daya...suhu yang membuat menggigil.seluruh tubuh...membuat mata seakan enggan untuk memejam...bahkan sampai pagi...tp ya...lumayan deh..bisa baringan dan nyelonjorin kaki itu anugrah yang nikmat banget...hehehe
saat paginya gak ada sunrise awal tahun..karena kabut tebal dan angin yg sangat kencang...cita-cita kami yg ingin sampai puncak merbabu harus di urungkan waktu itu karena percuma kalau di atas gak ada yang bisa di lihat dan pasti nanti siang hujan. apa daya kami gak ada pilihan lain selain turun gunung...
di situ kami rasakan ternyata menaiki itu lebih enak dari pada kita turun...jalan yang licin, kaki yang lelah dan jalan yg menurun membuat tulang-tulang kita menahan tubuh kita 3x lebih besar...
tapi saya juga menyadari waktu itu...ternyata betapa indahnya pemandangan yang smalem kita lewati...karena semalam kita tidak bisa melihat semua ini...semua itu membuat kami kagum akan kebesaran allah dan merasa kecil diantara tebing-tibing yang memjulang tinggi hasil ukiran sangmaha kuasa... saat itu juga rasa nasionalisme km meningkat..melihat keindahan indonesia yang sangat luar biasa dan saya menyesal kenapa sudah 19 thn saya hidup baru melihat keagungan allah seperti ini.

walaupun rasa lelah dan letih sudah sebagian hilang karena keindahan alam...tp kaki ini seakan mau kompromi...memasuki pos pertama jalan km mulai pelan pelan tak kuat menahan kaki ini...maklum saya baru pertama muncak...hehehe..
akhirnya jam 8:50am kita sampai di pos pemberangkatan..lalu km istirahat di situ sambil makan mie instan panas...nikmat banget rasanya...hahaha..dan alhamdulilah ternyata kunci montor gw sudah di amankan penjaga disana...akhirnya 9:30 kami pulang dengan rasa lelah yang terlihat di muka..tp rasa senang di hati ini mengalahkan segalanya.
banyak pengalaman dan hikmah yg gw dapet ambil dr pendakian pertama gw ini...gw jadi nyadar..betapa dalam kerugian orang indonesia yg selalu d rumah dan gak pernah menikmati keindahan gunung,gua,hutan,pantai,dan laut yang ada di indonesia tercinta ini.
dan mendaki gunung itu seperti perjalanan hidup : "kita berjalan dari bawah melangkah perlahan2 rintangan dan cobaan selalu ada d perjalanan tp setelah sampai d atas atau kesuksesan..rasanya begitu membagakan dan menyenagkan, kepuasan dari perjalanan kita membuat rasa lelah itu hilang. kemudian waktu kita turun pun jg gak menyedihkan dan tidak mudah, setiap hal yg kita dapat dengan ketekunan dan kerja keras tidak akan menghianati kita..saat kita turun dari kesuksesan juga tidak akan sakit tapi bahkan lebih indah.

0 komentar:

Posting Komentar